Suratan Makna: 11/01/2011 - 12/01/2011

Hati-Hati, Dampak Pudarnya Orientasi Diri

Posted by ridwan yahya Saturday, November 12, 2011 29 Comment/s

Hati-Hati, Dampak Pudarnya Orientasi Diri

1.   Banyak melewatkan waktu dengan percuma
2.   Hidup terkesan asal-asalan dan tidak   jelas
3.   Kegiatan terencana menjadi terbengkalai
4.   Terkesan menghindari berbagai amalan positif
5.   Emosi tidak terkendali
6.   Menganggap suatu perkara menjadi suatu hal yang berat
7.   Mengeluarkan seorang pejuang menjadi pecundang

Anjuran Nge-blog

Posted by ridwan yahya Thursday, November 10, 2011 19 Comment/s
Anjuran Nge-blog
      Di tengah berlangsungnya jam kuliah MediaKomunikasi, seorang dosen asyik berbicara membahas materinya yang diajarkan pada para Mahasiswa. Sesekali bapak itu menyinggung bahwa nge-blog adalah alternatif yang cukup tepat untuk dikategorikan sebagai media komunikasi yang efektif. Singgungan tersebut berawal dari keluhannya yang dirasakan terkait blog yang dimilikinya sedang bermasalah. Dikatakan bahwa blognya tidak kuat lagi untuk memposting tulisan-tulisannya yang sebagian besar isinya adalah materi-materi kuliah yang dikhususkan bagi mahasiswa kalau-kalau mahasiswa tersebut membutuhkannya. Namun, sayang kegiatan beliau itu harus terhambat sekian lamanya. Tidak ada posting baru lagi yang menghiasi template blognya yang cukup keren untuk seukuran seorang dosen. Jangankan diisi, disinggahi saja tidak.

Pasang Youtube Autoplay

Posted by ridwan yahya Sunday, November 6, 2011 10 Comment/s
Pasang Youtube Autoplay
        Dalam sebuah kotak komentar blog saya, ada temen blog yang menanyakan bagaimana caranya pasang video Youtube yang autoplay. Ditambah lagi tanpa buffering segala lagi. Sebenarnya saya juga dulu begitu, browsing sana-sini cari cara gimana bisa pasang Youtube yang main otomatis kayak yang sering saya lihat di blog temen2 Malaysia. Bahkan ditambah lagi mereka tu nggak pake gambar segala lagi. Heran, saya. Cari-cari nggak ketemu-ketemu.

Kenali ‘Idul Qurban

Posted by ridwan yahya Saturday, November 5, 2011 18 Comment/s

Kenali ‘Idul Qurban
“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dirizkikan Allah kepada mereka” (QS. Al-Hajj: 34).

Tidak lama lagi Hari Raya Idul Adha akan kita singgahi. Sebagai seorang muslim, kiranya kita tahu apa esensi dari pada Hari Besar tersebut supaya kita tidak melewatkannya begitu saja. Hari Raya Idul Adha identik dengan Hari Raya Qurban yang sarat dengan nilai-nilai keIslaman yang terkandung padanya. Dinamakan demikian, karena pada hari tersebut umat islam sedianya melaksanakan Qurban yang berupa hewan-hewan ternak tertentu yang telah disyariatkan.

PENDEKATAN KLINIK-GENETIK

Posted by ridwan yahya Wednesday, November 2, 2011 3 Comment/s
1.    Studi Kasus Pendekatan Klinik
PENDEKATAN KLINIK-GENETIK
     Pada Pendekatan Klinik terdapat 5 komponen yang penting untuk ditelusuri, yaitu: 1) identifikasi status situasi bagi perlakuan kuratif, 2) pengumpulan data, pengujian kemampuan indera, kesehatan, pendidikan, mental, dan mengadakan penelaahan biografinya, 3) membuat diagnosis dan identifikasi faktor penyebabnya, 4) penyesuaian, perlakuan, dan terapi, 5) program tindak lanjut.
Dalam perkembangannya unit analisisnya tidak terbatas pada perorangan, melainkan dapat saja diperluas sehingga unit analisisnya satuan sosial tertentu. Studi kasus dengan unit analisis perorangan diperlukan penyuluh, pembimbing, konsultan psikologik, psikiater, dan neurologi. Sedangkan, studi kasus dengan unit analisissatuan sosial tertentu diperlukan oleh para pekerja sosial. Dengan sendirinyan komponen di atas perlu dimodifikasi menjadi studi derajat kesehatan, pendapatan, tingkat kriminalitas, dan hal lain yang diperkirakan relevan.