Suratan Makna: 06/01/2012 - 07/01/2012

Muslim dan Kristen Giliran Gunakan Gereja

Posted by ridwan yahya Monday, June 25, 2012 17 Comment/s
Muslim dan Kristen Giliran Gunakan Gereja
Sejumlah tanah dan bangunan Gereja yang terletak di North Dakota, Amerika Serikat kini  telah berpindah tangan kepada komunitas Muslim setelah tanah tersebut dijual umat Kristiani setempat. Bagi komunitas Muslim, tanah dan bangunan tersebut akan dijadikan sebagai Islamic Centre guna melancarkan aktifitas ibadah yang rutin dilakukan.

Pemuda Katolik Kutai Timur Bantu Amankan Bulan Ramadlan

Posted by ridwan yahya Sunday, June 24, 2012 7 Comment/s
Pemuda Katolik Kutai Timur Bantu Amankan Bulan Ramadlan
Rasa solidaritas keagamaan yang tinggi di Indonesia baru-baru ini disampaikan oleh Organisasi Pemuda Katolik Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Mereka mengabarkan kesediaan diri ikut serta bersama organisasi massa Islam untuk mengamankan bulan suci Ramadlan. Hal itu dilakukan supaya umat Islam yang ada di daerah Kutai Timur serius dan khusyuk menjalankan rangkaian Ibadah bulan suci tersebut.

Demi Kabbalah, Madonna Segera Buka Hotel dan Yahudi Center

Posted by ridwan yahya Saturday, June 23, 2012 9 Comment/s
Demi Kabbalah, Madonna Segera Buka Hotel dan Yahudi Center
Madonna Louise Ciccone atau yang lebih dikenal dengan nama Madonna berencana akan mendirikan sebuah hotel  yang bernuansa Kabbalah dan pusat agama Yahudi di kawasan Regent Park, London. Kabbalah merupakan aliran mistik kontroversial dari Yahudi yang ajarannya kerap dilakukan secara rahasia. Selain Madonna aliran ini juga diikuti oleh artis hollywood lainnya, seperti Demi Moore dan Ashton Kutcher.

Senderos, Mantan Bek Tangguh Arsenal Masuk Islam

Posted by ridwan yahya Friday, June 22, 2012 9 Comment/s
Senderos, Mantan Bek Tangguh Arsenal Masuk Islam
Philippe Senderos seorang pesepakbola yang kini merumput bersama klub Liga Premier Inggris, Fulham, memutuskan untuk memeluk Islam setelah menemukan banyak ketertarikan pada agama-agama di dunia. Pesepakbola asal Swiss ini telah menyatakan sebagai mualaf di sebuah pusat agama Islam yang ada di Manchester, Inggris, Rabu (20/6) kemarin.

Yahudi Mempersilahkan Turis Tembaki Warga Palestina

Posted by ridwan yahya Thursday, June 21, 2012 10 Comment/s
Yahudi Mempersilahkan Turis Tembaki Warga Palestina
Sebuah kawasan yang ada di Green Line dijadikan sebagai tempat wisata oleh pemukim Yahudi Gush Etzion. Kawasan yang dibentuk tahun 1940-an tersebut, dimanfaatkan para pemukim sebagai tempat wisata tembak warga Palestina. Mengenai lokasi tersebut adalah sebagai tanda perbatasan  antara Israel dan Tepi Barat, Jalur Gaza, Dataran Tinggi Golan dan Semenanjung Sinai yang masuk daerah Mesir.

Pemukim Israel Bakar Masjid Palestina

Posted by ridwan yahya Wednesday, June 20, 2012 16 Comment/s

Pemukim Israel Bakar Masjid Palestina

Sebuah masjid yang terletak di desa Jaba, sebelah timur laut Al-Quds menjadi sasaran pemukim ekstrimis Israel yang benci terhadap pendudukPalestina. Mereka membakar masjid tersebut pada hari Selasa (19/06/2012) dini hari. Pembakaran ini sempat menghanguskan karpet, tirai, dan perpustakaan Masjid.

Cantona Gerah dengan Israel

Posted by ridwan yahya Tuesday, June 19, 2012 10 Comment/s
Cantona Gerah dengan Israel
Legenda sepakbola Perancis dan Manchester United, Eric Cantona ternyata gerah melihat tindakan Israel yang semena-mena terhadap warga Palestina. Terlebih lagi baru-baru ini Israel tengah memenjarakan seorang pesepakbola Palestina dengan tanpa tuduhan yang jelas. Mahmud Sarsak seorang pesepakbolaPalestina tersebut telah mendekam di penjara Israel sejak tahun 2009 saat keberangkatannya dari Jalur Gaza menuju Tepi Barat untuk bergabung bersama rekan timnas Palestina. Sarsak merupakan salah satu dari 300 warga Palestina lainnya yang ditahan Israel tanpa melalui pengadilan dan tuduhan yang jelas.

Aksi Gaga Dikecam di Thailand

Posted by ridwan yahya Sunday, June 17, 2012 9 Comment/s
Aksi Gaga Dikecam di Thailand
Berbeda dengan rencana manggung Lady Gaga di Indonesia yang berakhir dengan kegagalan, di Thailand Lady Gaga sukses menggelar acaranya pada akhir bulan mei lalu. Namun, dari serangkaian aksi yang ia suguhkan di panggung bukanlah tidak menuai kecaman sama sekali dari pihak pemerintah Thailand.

Kementerian Kebudayaan Thailand memprotes aksi Lady Gaga saat ia duduk di atas sepeda motor dengan pakaian minim dan kibaran bendera Thailand di belakangnya. Menurut pemerintah setempat Gaga dinilai telah melukai perasaan rakyat Thailand. 

STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku

Posted by ridwan yahya Saturday, June 16, 2012 134 Comment/s
Bismillaahirrahmaanirrahiim

     Alhamdulillah, kawan. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengangkat sebuah judul terkait di mana keberadaan saya yang tengah bersemayam sekarang. Bukannya tanpa alasan, kenapa saya memilih judul STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku sebagai trending topic kali ini. Kebetulan saja, setelah sekian lama saya bergumul dengan forum macam ini ada kontes SEO yang diadakan BEM kampus yang dipikir-pikir secara tidak langsung memberi faedah menyadarkan diri saya untuk menyempatkan buat tulisan yang khusus membahas STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku.

Hemat saya, dipikir-pikir kapan lagi (dotkom) coba saya bisa meluangkan waktu dan menuangkan pikiran yang secara langsung ngomongin STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku. Mungkin pernah sih kalau nyinggung-nyinggung dikit di postingan yang pernah saya muat. Tapi, ya dikit.
     Maka dari itu sekaranglah saatnya buat saya untuk tampil dan unjuk gigi (*cling) mengabarkan kepada semua blogger yang terdampar di dermaga blog saya agar mengetahui bahwa di tengah bergulirnya peradaban dunia zaman sekarang terdapat sebuah kampus yang bervisikan jauh ke depan, tepatnya "Menjadi Perguruan tinggi yang unggul dalam menghasilkan kader-leader dan profesional". STAI Luqman al-Hakim Hidayatullah Surabaya, itulah kampus yang saat ini tengah gencar-gencarnya melakukan program regenerasi kader yang matang berjuang di tengah masyarakat zaman sekarang yang notabene sedang terseret arus modernitas dunia.

Sejarah
     Pada awal berdirinya, STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku bernama PTI (Pendidikan Tinggi Islam) yang didirikan pada Tahun 1994. Ketika itu perkuliahan berjalan dengan menggunakan 100% kurikulum sendiri dan belum mendapatkan status Terdaftar. Kurikulum tersebut dirancang untuk mencetak kader da’i yang siap diterjunkan ke cabang-cabang untuk membina umat di daerahnya.
     Melihat perkembangan zaman, tuntutan sosial dan prospek out put mahasiswa, serta peluangnya untuk dapat mengikuti program pendidikan yang lebih tinggi (S2 & S3) mengharuskan PTI pada tahun 1997 berubah namanya menjadi STAIL (Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman al Hakim), dan berusaha untuk mendapatkan status terdaftar serta berafiliasi ke Depag. Dengan asumsi bahwa program pengkaderan tetap dominan, dan mahasiswa sekaligus mendapatkan materi perkuliahan yang berisi kurikulum nasional.
 
Proses Pengkaderan
     Berawal dari perjuangan di tahun pertama, mahasiswa baru ditempatkan di sebuah daerah yang terkenal persis gersangnya. Di sebuah bukit kukusan yang terkenal aktifitas tambang kapurnya, terletak tepat di Panceng, Gresik mereka mesti menjalani berbagai macam kegiatan perkuliahan dan sekaligus pengkaderan dengan sistem yang ketat dalam suasana boarding school. Bangun tidur pukul dua dini hari, merekapun pergi mengambil air wudlu kemudian bersungkur guna mempertebal daya spiritualitas melalui shalat lail. Rutinitas kebutuhan shalat lima waktu mereka jalankan dengan penuh disiplin dan keseriusan. Berjama'ah dan tanpa masbuk. SubhanAllah. Berlanjut pada program yang lain, mahasiswa aktif menjalani kegiatan peduli lingkungan dengan agenda seperti perbaikan akses jalan keluar masuk kampus Panceng, penataan lapangan kampus, pemeliharaan tempat pemandian warga sekitar kampus, dan lain-lain.
     Setelah lulus uji "emisi" selama satu tahun, mahasiswa pun "turun bukit" menuju kilaunya gemerlap kota Surabaya. Terletak di Surabaya Timur, STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku persis bersebelahan dengan kampus elit ITS. Di Surabaya, mahasiswa melanjutkan studinya dengan tidak mudah. Tidak jarang mereka dihadapkan dengan urusan luar kampus yang dapat meng-upgrade kapabilitas mereka sebagai mahasiswa atau bahkan malah menjerumuskan keadaannya pada hal yang negatif. Terkait dengan berbedanya situasi sistem antara kampus Panceng dengan Surabaya yang berjalan.

Arena Sesungguhnya
     Singkat cerita, 3 tahun sudah mahasiswa STAIL menjalani studinya di Surabaya, karir profesional telah menanti mereka. Tersebar di seluruh penjuru Nusantara, mahasiswa siap terjun di arena yang sesungguhnya. Secara langsung, mahasiswa yang sekarang menjadi da'i akan menghadapi situasi pelik nan kompleks masyarakat negeri.
     Baik, begitulah kawan, sedikit ulasan profil STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku yang tercinta. Semoga penuh manfaat.  Mengingat pengalaman saya jika berbincang dengan temen mahasiswa luar, kemudian ketika di tengah perbincangan tidak jarang dialog semacam ini akan muncul.
     "Antum mahasiswa mana, akhiy?"
     "Hm, ana mahasiswa ITS"
     "Oh,,"
     "Kalau antum sendiri dari mana?"
     "Kalau ana dari STAIL"
     "Hh, STAIL? yang di mana itu?"
     "(Gubrakk, gak tahu STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku)"
     Nah, potongan dialog semacam itulah yang kurang saya kehendaki. Memang, saya kudu realistis juga sih jika kampus saya belum setenar kampus tetangga atau kampus sekitar Surabaya lainnya. Mungkin, rekor jam terbangnya saja yang kurang. Tapi, sebenarnya STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku juga cukup banyak berpartisipasi dalam acara-acara kampus luar, dan penyelenggaraan acara tertentu yang melibatkan kampus luar pun juga pernah STAIL adakan. Namun, apa daya. Beginilah kenyataannya. Tidak mengapa.
     Kami masih harus berjuang,, berjuang demi STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku..!! []

Posisi Keyword Anjlok..!?

Posted by ridwan yahya Monday, June 11, 2012 13 Comment/s
Wathepeun, aya naon..!? saya kaget ketika mendengar kabar dari teman saya, bahwa posisi keyword "STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku" di blog saya anjlok. Melorot. Tidak ada dijajaran top markotop lagi.
Bingung bukan kepalang, keyword yang sudah saya pelihara selama kurang lebih 20 hari semenjak dimuatnya artikel tentang keyword tersebut, ternyata sekarang terjun bebas, tidak nyana.

Misteri Injil Kuno Barnabas Mengguncang Dunia

Posted by ridwan yahya Saturday, June 9, 2012 7 Comment/s
Misteri Injil Kuno Barnabas Mengguncang Dunia
Munculnya kitab kuno di Turki pada Februari 2012, yang diyakini sebagai Injil Barnabas, membuat perdebatan di dunia internasional makin panas. Namun, perdebatan masih berkutat soal klaim benar tidaknya kitab itu sebagai Injil Barnabas. Adu pendapat belum masuk ke ranah isi kitab yang memang belum diterjemahkan oleh pemerintah Turki.

Kepala Direktorat Jenderal Museum dan Aset Budaya Turki, Zulkuf Yilmaz, mengakui memang ada satu kitab kuno yang masuk ke Museum Etnografi Turki pada Februari 2012. Kitab itu diberikan militer ke museum, setelah selama 12 tahun tersimpan di dalam lemari besi di kantor Pengadilan Tinggi Ankara.

Zulkuf berjanji, direktoratnya akan segera menganalisis isi kitab itu. Rencananya, kitab setebal 40 lembar itu akan dikirim ke Laboratorium Pusat Bahasa Turki untuk diteliti lebih lanjut. “Di laboratorium itu akan dianalisa dan diterjemahkan isinya,” ungkap Zulkup kepada televisi Hurriyet.

About Me

Posted by ridwan yahya Friday, June 8, 2012 4 Comment/s
Foto Profil Hyeongnim Wan 
Ridwan Yahya, itulah saya di sini. Biasa dipanggil teman-teman sebagai Yahya. Saya seseorang yang bisa juga dipanggil blogger, saya meyakini menjadi seorang blogger tidak hanya sekadar nge-blog saja, namun ada entitas lain yang saya cari. Sesuatu yang menjadikan kegiatan ini tidak bernilai sia-sia.

Saya memulai Blogging sejak tahun 2011 hingga sekarang. Jawa Barat adalah daerah asal di mana saya pernah berada. Dan saat ini saya adalah seorang karyawan di sebuah lembaga Islam di Jawa Timur.

Bagi saya blogging adalah sesuatu yang tidak terlalu diprioritaskan dalam rangkaian aktifitas hidup saya. Sekadar mediasi alternatif yang memang cukup diperhitungkan untuk berkomunikasi dengan dunia luar.

Melalui tulisan yang tersurat pada tiap-tiap postingan, setiap bait menyuarakan makna yang sederhana. Memang, supaya mudah dan dapat sama-sama dipahami. Saat ini, saya lebih banyak menulis tentang fenomena-fenomena yang tengah mengemuka, menyuarakan fakta yang berdasarkan pada media lainnya yang terpercaya. Demikian sudah, uraian singkat mengenai siapa saya. Semoga bermanfaat :) Terima Kasih.

Bonek Kembali Tewas

Posted by ridwan yahya Thursday, June 7, 2012 2 Comment/s
Bonek Kembali Tewas
Dunia sepak bola Indonesia baru-baru ini kembali digegerkan oleh insiden tewasnya seorang suporter  Persebaya alias Bonek seusai pertandingan antara Persebaya kontra Persija IPL di stadion Tambak Sari, Surabaya kemarin (3/06). Insiden tersebut kembali mencoreng muka persepakbolaan Tanah Air seiring dengan masalah internal PSSI yang tidak kunjung usai.
Sang korban yang bernama Purwo Adi Utomo merupakan siswa kelas 3 SMK 5 Surabaya.  Suporter yang akrab disapa Tomi tersebut merupakan salah satu dari ribuan penonton yang memadati tribun stadion yang kisruh. Kekisruhan tersebut bermula saat pertandingan berjalan dengan tensi yang cukup menegangkan. Keadaan tuan rumah yang tertinggal dua angka dari tim tamu, cukup mengompori keadaan penonton yang ramai. Sejumlah penonton di sisi barat stadion Tambak Sari mulai melemparkan botol ke lapangan. Situasi agak mereda setelah Persebaya mampu menyamakan kedudukan menjadi dua sama. Namun kisruh kembali pecah ketika tim tamu memimpin 3-2 di menit 93 pertandingan. Saat situasi mulai tidak kondusif, Persebaya mampu menyamakan kedudukan lewat Fernando Soler di menit akhir. Namun skor akhir tiga sama tidak membuat situasi panas mereda.

Efektifitas Internet sebagai Media Komunikasi Alternatif

Posted by ridwan yahya Wednesday, June 6, 2012 3 Comment/s
Efektifitas Internet sebagai Media Komunikasi Alternatif
Di tengah keadaan yang semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, turut serta menyeret situasi yang mengharuskan akses komunikasi menjadi serba cepat, mudah, dan efisien. Keadaan semacam itu tidaklah dapat dipungkiri lagi, mengingat masyarakat dunia yang semakin konsumtif terhadap produk-produk yang diasumsikan dapat memudahkan urusan mereka. Termasuk akses komunikasi yang berjalan dalam berbagai bidang yang menuntut tingkat efisiensi dan efektifitas pencapaiannya.
Dalam rangka memenuhi tuntutan komunikasi yang efektif, maka keefektifan penggunaan internetlah yang digadang-gadang mampu sebagai alternatif baru dalam hal ragamnya media komunikasi yang ada pada perkembangan zaman ini. Karena, Internet berawal sebagai media komunikasi. Komunikasi ibarat jantung. Entah itu komunikasi oral, visual, maupun tekstual. Tanpa jantung, seseorang tidak mungkin hidup. Beberapa dari jenis komunikasi yang ada, kini telah diotomatisasi lewat komputer, atau kita mengakrabinya dengan internet. Pada dasarnya internet tidak memberikan solusi baru yang radikal dalam cara kita berkomunikasi, justru mengintegrasikan teknologi yang ada untuk meningkatkan keefektifan berkomunikasi.

“Makna Batalnya Konser Lady Gaga”

Posted by ridwan yahya Saturday, June 2, 2012 13 Comment/s
Oleh: Dr. Adian Husaini


 “Pro-kontra konser Lady Gaga di Indonesia menunjukkan dahsyatnya pertarungan ide antara Islam dan liberalisme. Bukan tidak mungkin, jika Lady Gaga berhasil konser di Indonesia, maka tahun berikutnya akan digelar kontes Vagina Terindah, seperti yang telah terjadi di AS.”

*****

LADY GAGA akhirnya gagal manggung di Indonesia.   Pihak manajemen penyanyi nyentrik dan jorok asal AS ini menyebutkan, bahwa pembatalan itu terkait dengan masalah keselamatan. Sebelumnya, seperti diberitakan www.kompas.com (27/5/2012), kuasa hukum promotor Big Daddy Entertainment, Minola Sebayang, mengatakan, pihak manajemen Gaga meminta konser dibatalkan lantaran faktor keamanan yang menurut mereka tidak terjamin. "Kalau alasan sangat complicated, pihak manajemen Lady Gaga mempertimbangkan dengan kondisi menit ke menit, dengan adanya ancaman-ancaman yang membahayakan bila konser itu diselenggarakan. Akhirnya pihak Lady Gaga membatalkan konser di Jakarta," kata Minola di Jakarta.