Suratan Makna

Bagaimana Caranya Mengurus STNK Hilang?

Posted by ridwan yahya Sunday, July 26, 2015 0 Comment/s

Kemarin saya sudah menyampaikan Cara Membuat SIM C (Motor), sekarang saya akan menjelaskan bagaimana caranya mengurus STNK Hilang. Pengurusan ini saya lakukan jauh-jauh hari sebelum membuat SIM C, adapun STNK yang hilang ini terjadi saat lebaran tahun lalu (th. 2014) di Sidoarjo. Jadi, maaf aja nih kalo penyajian informasinya rada lupa2 ingat karena ngurusnya udah lumayan lama. Tapi, saya akan berusaha menjelaskannya sedetail mungkin.

Sepeda motor yang STNKnya hilang ini adalah bukan atas nama saya. Jadi, tema pembahasan pada artikel ini lebih tepatnya adalah Cara mengurus STNK hilang yang atas nama orang lain. Berikut caranya:

1. Siapkan BPKB, uang 500 ribu (jaga2), dan kliping koran berita kehilangan STNK yang saya jelaskan di no.10.

2. Buat surat keterangan kehilangan ke Polsek setempat.

3. Karena STNKnya atas nama orang lain, maka buatlah surat kuasa pengurusan STNK hilang antara Anda dengan orang yang namanya tertera di STNK/BPKB tersebut. Sertakan materai 6000.

4. Pinjam KTP asli orang yang namanya tertera di STNK/BPKB.

5. Pergi ke SAMSAT dengan motor yang STNKnya hilang dan parkirkan di tempat parkir yang dekat dengan area cek fisik kendaraan.

6. Foto kopi dokumen2 yang dibutuhkan terutama BPKB, sekaligus beli map khusus. Di Sidoarjo tempat fotokopiannya jauh dari tempat parkir, jadi kalo anda bingung tanya saja sama orang setempat.

7. Setelah difotokopi, serahkan ke loket cek fisik yang tidak jauh dari tempat fotokopian. Sebelum anda ke loket tersebut biasanya akan ada petugas berkeliaran di luar yang membantu anda memeriksa kelengkapan dokumen.

8. Cek fisik kendaraan. Kembali ke tempat parkiran dan temui petugas cek fisik kendaraan.

9. Kembali lagi ke loket cek fisik, serahkan kertas hasil cek fisik untuk memberitahukan bahwa kendaraan anda sudah dicek fisik.

10. Pergi ke Polres, temui penjaga setempat dan bilang "mau mengurus STNK", maka anda akan diarahkan ke bagian2 kantor kepolisian, berikut dengan tahapannya. Ada bagian reskrim, laka tilang, laka lantas, dan satu lagi saya lupa. Hehee. Serahkan dokumen2 yang diminta oleh divisi2 kepolisian tersebut sebagai syarat dibuatnya surat2 yang anda butuhkan yang bisa diambil keesokan harinya. Lalu, Di Polres ini anda pasti akan diminta kliping berita koran. Jika begitu, maka anda tanyakan ke orang fotokopian. Cari tempat fotokopian tersebut, masih di dalam area Polres. Setelah pesan kliping koran, pulanglah, tunggu keesokan harinya.

11. Pada hari kedua di Polres, anda ambil kliping koran pesanan anda terlebih dahulu, lalu anda datangi divisi kepolisian satu persatu untuk mengambil surat izin pembuatan STNK baru dan tunjukan ke salah satu kantor divisi (saya lupa lg yg mana).

12. Setelah semuanya diambil, kemudian bawa dokumen tersebut ke Samsat. Di sana anda temui petugas yang suka memeriksa kelengkapan dokumen yang suka berkeliaran di dekat loket cek fisik dan tempat fotokopi, nanti dia akan arahkan anda bagaimana langkah kelanjutannya. Karena di bagian ini saya sendiri agak sulit menghafalnya, yang saya tahu ini adalah tahapan akhir menuju pembuatan STNK baru anda. Di sini anda akan dicek pajak kendaraannya dan membayar biaya pembuatan STNK baru.

13. STNK jadi. Adapun STNK yang anda dapatkan bukanlah STNK asli, tapi masih berupa duplikat yang enam bulan kemudian baru bisa anda tukarkan dengan yang aslinya.

Saat saya mengurus STNK hilang ini di Sidoarjo, jarak antara Polres dengan Samsat lumayan jauh. Tapi anggaplah saja pengalaman dan petualangan yang menyenangkan. Pokoknya, kalo bingung jangan sungkan tanya2 aja dah. Mungkin, saat tanya2 tersebut anda akan dihampiri orang yang menawarkan jasa pengurusan, Tapi saya tidak menyarankan anda terjerumus pada tawaran tersebut. Karena menurut saya mengurus STNK hilang ini cukup mudah saja. Hanya karena pertama kali dan bingung tahapannya maka kitapun menganggapnya jadi susah.

Demikianlah Bagaimana Caranya Mengurus STNK Hilang yang bukan atas nama sendiri. Mohon maaf jika penjelasannya kurang mendetail dan agak sulit dipahami, jika begitu silahkan anda comment tulisan ini dibawah dan tanyakan segala sesuatunya lebih lanjut. Atau boleh menambahkan informasi yang dirasa masih kurang terkait tema postingannya.

Cara Pembuatan SIM C (Motor)

Posted by ridwan yahya Friday, July 24, 2015 2 Comment/s
Hari Kamis kemarin (23/7) saya memutuskan untuk membuat SIM C di Polres Cianjur. Setelah bertahun-tahun saya menundanya karena terkendala waktu, hanya bisa pulang ke daerah setahun sekali saat libur lebaran saja akhirnya sekarang saya mendapatkannya.

SIM C ini sangatlah penting, terkait profesi dan segala aktifitas yang berhubungan dengan sepeda motor. Begitupun dapat meredam perasaan berlebih saat melewati atau menghadapi kawanan polantas yang nongkrong di jalanan.

Membuat SIM C ini terbilang cukup mudah, karena syarat2nya pun tidak susah untuk disiapkan. Berikut caranya:

1. Siapkan persyaratannya, yaitu: KTP asli, Fotokopiannya 2 lembar, pulpen, dan duit.

2. Datang ke lokasi pada hari kerja sepagi mungkin sebelum jam 11, kalau bisa habis shubuh langsung meluncur supaya dapat antrian pertama. Ditekankan bagi anda yang rumahnya di daerah pinggiran banget jauh dari lokasi. Hihii.

3. Setelah sampai di lokasi langsung saja menuju tempat pembuatan SIM. Di Cianjur letaknya di Polres bagian paling belakang.

4. Masuk ke ruangan tes kesehatan, serahkan fotokopian KTP 2 lembar lalu tunggu panggilannya. Di sini anda akan dicek tinggi badan, berat badan, dan tes mata ��. Saya sendiri melewatkan tes mata ini karena saat bagian saya listriknya sedang mati, padahal kalau dites bisa saja ketahuan rabunnya. Setelah dites anda akan diminta bayar sebesar 20 ribu rupiah.

5. Serahkan berkas dari ruangan tes medis tadi ke loket penyerahan Persyaratan Pembuatan SIM Baru. Setelah diserahkan, tunggu panggilan tes teori.

6. Tes teori lalu lintas, tapi sebelum anda dites teori anda akan diberi kuliah dulu selama kurleb satu setengah jam. Saran saya nikmatilah pencerahan tersebut. Hahaa.

7. Saatnya ujian teori, buktikan bahwa kuliah selama satu jam setengah yg anda nikmati tadi tidaklah sia-sia. Anda harus menjawab soal yang berjumlah 30 dengan benar minimal sebanyak 25, kalau benarnya 24 akan dinyatakan tidak lulus. Tapi enaknya kalau benar semua, anda akan dapat reward 100 ribu seperti yang dijanjikan polisi dosen yang memberikan kuliah pencerahan tadi. Itung-itung anda digratiskan dari biaya pembuatan SIM C. Tapi sebelum tes teori tersebut anda harus menunggu dipanggil lagi dulu.

8. Tes Praktek, setelah ujian teori, bawa dokumennya ke kantor bagian ujian praktek, serahkan lalu tunggu panggilan.

9. Setelah ujian praktek, bawa dokumennya ke ruangan produksi. Serahkan dokumennya ke loket yang tengah, lalu tunggu panggilan dari loket pembayaran Bank BRI.

10. Bayar pendaftaran pembuatan SIM baru sebesar 100 ribu ke loket Bank BRI dan isi formulirnya.

11. Isi 2 lembar formulir yang didapat dari loket BRI tadi, lalu serahkan ke loket registrasi yang di sebelah kiri, tunggu panggilan.

12. Masuk studio pemotretan. Di sini anda akan difoto yang nanti fotonya dipasang di SIM.

13. SELESAI. Setelah difoto, nggak lama kemudian SIM pun jadi.

Begitulah Cara Pembuatan SIM C (Motor), khususnya di daerah Cianjur. Meski kemungkinannya akan berbeda dengan proses pembuatan di daerah yang lain, saya harap pengalaman yang saya bagi ini tetaplah bermanfaat. Minimal bisa meredam perasaan berlebih dan pikiran2 yang menganggap bahwa bikin SIM ini ribet dan susah, terus belum lagi ditambah dengan perasaan malas yang jadi dasarnya. Bikin saja, siapin persyaratannya. Termasuk jangan lupa bawa duit.

Oh, ya siapkan juga fisik karena bisa saja anda akan menghabiskan waktu seharian di lokasi sampai SIM tersebut jadi. Saya sendiri datang jam sepuluh, selesai pas maghrib jam 6. Dan jika anda perlu informasi tentang pengurusan STNK hilang, maka anda bisa menyimak artikel Bagaimana Caranya Mengurus STNK Hilang?

Sekali lagi, demikian artikel Cara Pembuatan SIM C (Motor) semoga dapat bermanfaat. Silahkan like dan komennya, bisa berupa pertanyaan atau tambahan, saya sangat mengharapkannya. Thanx.

Cinta kepada Allah Melebihi Siapapun

Posted by ridwan yahya Friday, January 2, 2015 0 Comment/s

Berikut adalah kisah Cinta kepada Allah Melebihi Siapapun yang dicontohkan oleh Buya Hamka kepada kita semua.

KETIKA dalam sebuah acara Buya Hamka dan istri beliau diundang, mendadak sang pembawa acara meminta istri Buya untuk naik panggung.
Asumsinya, istri seorang penceramah hebat pastilah pula sama hebatnya.

Naiklah sang istri, namun ia hanya bicara pendek.
“Saya bukanlah penceramah, saya hanyalah tukang masaknya sang Penceramah.” Lantas beliau pun turun panggung.

Dan berikut adalah penuturan Irfan, putra Buya, yang menuturkan bagaimana Buya sepeninggal istrinya atau Ummi Irfan.

“Setelah aku perhatikan bagaimana Ayah mengatasi duka lara sepeninggal Ummi, baru aku mulai bisa menyimak. Bila sedang sendiri, Ayah selalu kudengar bersenandung dengan suara yang hampir tidak terdengar. Menyenandungkan ‘kaba’. Jika tidak Ayah menghabiskan 5-6 jam hanya untuk membaca Al Quran.

Dalam kuatnya Ayah membaca Al Quran, suatu kali pernah aku tanyakan.

“Ayah, kuat sekali Ayah membaca Al-Quran?”, tanyaku kepada ayah.

“Kau tahu, Irfan. Ayah dan Ummi telah berpuluh-puluh tahun lamanya hidup bersama. Tidak mudah bagi Ayah melupakan kebaikan Ummi. Itulah sebabnya bila datang ingatan Ayah terhadap Ummi, Ayah mengenangnya dengan bersenandung. Namun, bila ingatan Ayah kepada Ummi itu muncul begitu kuat, Ayah lalu segera mengambil air wudhu. Ayah shalat Taubat dua rakaat. Kemudian Ayah mengaji. Ayah berupaya mengalihkannya dan memusatkan pikiran dan kecintaan Ayah semata-mata kepada Allah,” jawab Ayah.

“Mengapa Ayah sampai harus melakukan shalat Taubat?” tanyaku lagi.

“Ayah takut, kecintaan Ayah kepada Ummi melebihi kecintaan Ayah kepada Allah. Itulah mengapa Ayah shalat Taubat terlebih dahulu,” jawab Ayah lagi.

Permusuhan Yahudi dan Nasrani

Posted by ridwan yahya Tuesday, December 30, 2014 0 Comment/s

Terkait dengan permusuhan Yahudi dan Nasrani ini Allah SWT berfirman :

"Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepadamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah :" Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yangbenar)."

Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu. (QS. 2:120).

Ayat di atas menunjukkan kepada kita bahwa orang-orang kafir tidak akan pernah senang kpd orang Islam yang menampakkan keIslamannya.

Orang-orang yg menampakkan keIslamannya karena mengetahui dan jujur bahwa sesungguhnya petunjuk Allah itu adalah yang benar, karena mereka tahu tidak ada agama disisi Allah kecuali Islam.

Namun saat ini begitu banyak orang-orang yang mengaku Islam namun bangga dengan perbuatan orang-orang kafir dan justru mereka murka ketika ada orang Islam menjaga agamanya disetiap waktu dan kesempatan selalu menampilkan Islam.

Hal ini berdasarkan dari Qatadah meriwayatkan :" Telah disampaikan kepada kami bahwasanya Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ pernah bersabda :" Akan tetap ada suatu kelompok dari umatku yang terus berjuang memegang teguh kebenaran, dimana orang-orang yg menentang mereka tidak dapat memberi mudharat kepada mereka, sehingga datang perintah (keputusan) Allah." ( Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan, hadits tsb dikeluarkan dalam kitab Shahih, dari Abdullah bin 'Amr). (Dikutip dari grup Line IHBTR-AMDK-BNIS)