Cara Pembuatan SIM C (Motor) | Suratan Makna

Cara Pembuatan SIM C (Motor)

Posted by ridwan yahya Friday, July 24, 2015 5 Comment/s
Hari Kamis kemarin (23/7) saya memutuskan untuk membuat SIM C di Polres Cianjur. Setelah bertahun-tahun saya menundanya karena terkendala waktu, hanya bisa pulang ke daerah setahun sekali saat libur lebaran saja akhirnya sekarang saya mendapatkannya.

SIM C ini sangatlah penting, terkait profesi dan segala aktifitas yang berhubungan dengan sepeda motor. Begitupun dapat meredam perasaan berlebih saat melewati atau menghadapi kawanan polantas yang nongkrong di jalanan.

Membuat SIM C ini terbilang cukup mudah, karena syarat2nya pun tidak susah untuk disiapkan. Berikut caranya:

1. Siapkan persyaratannya, yaitu: KTP asli, Fotokopiannya 2 lembar, pulpen, dan duit.

2. Datang ke lokasi pada hari kerja sepagi mungkin sebelum jam 11, kalau bisa habis shubuh langsung meluncur supaya dapat antrian pertama. Ditekankan bagi anda yang rumahnya di daerah pinggiran banget jauh dari lokasi. Hihii.

3. Setelah sampai di lokasi langsung saja menuju tempat pembuatan SIM. Di Cianjur letaknya di Polres bagian paling belakang.

4. Masuk ke ruangan tes kesehatan, serahkan fotokopian KTP 2 lembar lalu tunggu panggilannya. Di sini anda akan dicek tinggi badan, berat badan, dan tes mata 👀. Saya sendiri melewatkan tes mata ini karena saat bagian saya listriknya sedang mati, padahal kalau dites bisa saja ketahuan rabunnya. Setelah dites anda akan diminta bayar sebesar 20 ribu rupiah.

5. Serahkan berkas dari ruangan tes medis tadi ke loket penyerahan Persyaratan Pembuatan SIM Baru. Setelah diserahkan, tunggu panggilan tes teori.

6. Tes teori lalu lintas, tapi sebelum anda dites teori anda akan diberi kuliah dulu selama kurleb satu setengah jam. Saran saya nikmatilah pencerahan tersebut. Hahaa.

7. Saatnya ujian teori, buktikan bahwa kuliah selama satu jam setengah yg anda nikmati tadi tidaklah sia-sia. Anda harus menjawab soal yang berjumlah 30 dengan benar minimal sebanyak 25, kalau benarnya 24 akan dinyatakan tidak lulus. Tapi enaknya kalau benar semua, anda akan dapat reward 100 ribu seperti yang dijanjikan polisi dosen yang memberikan kuliah pencerahan tadi. Itung-itung anda digratiskan dari biaya pembuatan SIM C. Tapi sebelum tes teori tersebut anda harus menunggu dipanggil lagi dulu.

8. Tes Praktek, setelah ujian teori, bawa dokumennya ke kantor bagian ujian praktek, serahkan lalu tunggu panggilan.

9. Setelah ujian praktek, bawa dokumennya ke ruangan produksi. Serahkan dokumennya ke loket yang tengah, lalu tunggu panggilan dari loket pembayaran Bank BRI.

10. Bayar pendaftaran pembuatan SIM baru sebesar 100 ribu ke loket Bank BRI dan isi formulirnya.

11. Isi 2 lembar formulir yang didapat dari loket BRI tadi, lalu serahkan ke loket registrasi yang di sebelah kiri, tunggu panggilan.

12. Masuk studio pemotretan. Di sini anda akan difoto yang nanti fotonya dipasang di SIM.

13. SELESAI. Setelah difoto, nggak lama kemudian SIM pun jadi.

Begitulah Cara Pembuatan SIM C (Motor), khususnya di daerah Cianjur. Meski kemungkinannya akan berbeda dengan proses pembuatan di daerah yang lain, saya harap pengalaman yang saya bagi ini tetaplah bermanfaat. Minimal bisa meredam perasaan berlebih dan pikiran2 yang menganggap bahwa bikin SIM ini ribet dan susah, terus belum lagi ditambah dengan perasaan malas yang jadi dasarnya. Bikin saja, siapin persyaratannya. Termasuk jangan lupa bawa duit.

Oh, ya siapkan juga fisik karena bisa saja anda akan menghabiskan waktu seharian di lokasi sampai SIM tersebut jadi. Saya sendiri datang jam sepuluh, selesai pas maghrib jam 6. Dan jika anda perlu informasi tentang pengurusan STNK hilang, maka anda bisa menyimak artikel Bagaimana Caranya Mengurus STNK Hilang?

Sekali lagi, demikian artikel Cara Pembuatan SIM C (Motor) semoga dapat bermanfaat. Silahkan like dan komennya, bisa berupa pertanyaan atau tambahan, saya sangat mengharapkannya. Thanx.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul : Cara Pembuatan SIM C (Motor)
Ditulis Oleh : ridwan yahya
Rating Blog : 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://suratanmakna.blogspot.com/2015/07/blog-post.html. Sekali lagi terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. ^_^

5 Comment/s:

isyall falz said...

untuk jawaban soal nya pilihan bukan gan? BETUL atau SALAH

ridwan yahya said...

@isyall falz Iya bro, simak pertanyaannya di monitor, terus jawab dgn menekan tombol hijau/benar dan merah/salah.

sherlina halim said...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : melasian77cs@gmail.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
asianbet77.com

Download Disini

Raja Antrian said...

Terimakasih atas informasinya , sangat bermanfaat sekali

sekalian ijin promosi ya :)
Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://alatantrianberkualitas.blogspot.com/
atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

Ginger Sanches said...

Oh, such an interesting news! I agree with the author! Try to use proofreading-services.org. This service is really helpful! Thank you for sharing this information!