Timbulnya Ilmu Pengetahuan | Suratan Makna

Timbulnya Ilmu Pengetahuan

Posted by ridwan yahya Tuesday, October 11, 2011 0 Comment/s
Timbulnya Ilmu Pengetahuan
Pernahkah terlintas dalam benak kita bahwa pada masa-masa akademik yang pernah kita jalani ataupun yang tengah kita jalani  ini, kita berpikir tentang ilmu pengetahuan yang dipelajari sebagai materi-materi mata pelajaran yang kita tekuni di bangku sekolah? Bagaimanakah proses penyusunan ilmu yang sampai sekarang telah dapat dikemas secara rapi dan sistemik?

Manusia melakukan kontak dengan lingkungan yang terdiri dari lingkungan sosial dan natural. Contohnya, bayi yang baru keluar dari alam rahim, kemudian berkontak langsung dengan lingkungannya. Hasil dari kontak tersebut akan menimbulkan pengetahuan/pengalaman baik secara natural, maupun sosial.
Tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah juga, statement yang mengungkapkan orang yang lebih tua itu lebih banyak pengalamannya. Namun, yang lebih tepat adalah sejauh mana intensitas kontak seseorang dengan lingkungannya.
Pengalaman yang dikelompokkan dapat menjadi sebuah knowledge yang apabila disistematisir dapat melahirkan science. Disistematisir di sini maksudnya, dapat ditentukan objek, metode, dan sistem itu sendiri.
Singkatnya, manusia yang berkontak dengan lingkungan dapat memetik sebuah pengalaman, lalu pengalaman tersebut dikonversi menjadi sebuah pengetahuan yang apabila disistematisir dapat melahirkan sebuah ilmu pengetahuan. Jika manusianya berkontak dengan lingkungan alam, maka ujung-ujungnya akan melahirkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Begitu pun kalau misalnya manusia berkontak dengan lingkungan sosial, maka nantinya dapat ditemui Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

gambar: sciencemac.com


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul : Timbulnya Ilmu Pengetahuan
Ditulis Oleh : ridwan yahya
Rating Blog : 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://suratanmakna.blogspot.com/2011/10/timbulnya-ilmu-pengetahuan.html. Sekali lagi terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. ^_^

0 Comment/s: