Anjuran Nge-blog | Suratan Makna

Anjuran Nge-blog

Posted by ridwan yahya Thursday, November 10, 2011 19 Comment/s
Anjuran Nge-blog
      Di tengah berlangsungnya jam kuliah MediaKomunikasi, seorang dosen asyik berbicara membahas materinya yang diajarkan pada para Mahasiswa. Sesekali bapak itu menyinggung bahwa nge-blog adalah alternatif yang cukup tepat untuk dikategorikan sebagai media komunikasi yang efektif. Singgungan tersebut berawal dari keluhannya yang dirasakan terkait blog yang dimilikinya sedang bermasalah. Dikatakan bahwa blognya tidak kuat lagi untuk memposting tulisan-tulisannya yang sebagian besar isinya adalah materi-materi kuliah yang dikhususkan bagi mahasiswa kalau-kalau mahasiswa tersebut membutuhkannya. Namun, sayang kegiatan beliau itu harus terhambat sekian lamanya. Tidak ada posting baru lagi yang menghiasi template blognya yang cukup keren untuk seukuran seorang dosen. Jangankan diisi, disinggahi saja tidak.

Karena itulah beliau berbicara bagusnya internet (khususnya nge-blog) sebagai media komunikasi yang cukup efektif untuk diselami. Sehingga, terhitung dua kali saya dengar dari beliau terlontar sebuah pertanyaan yang cukup membuat rasa ketertarikan saya pada blog bertambah.
“kalian sudah ada yang punya blog?” begitulah pertanyaan sederhana yang beliau layangkan pada kami.
“sebagian saja, pak. Hanya beberapa.” Jawab saya segera.
Lanjut beliau menganjurkan kami yang hanya berenam memasuki jam kuliah waktu itu untuk memiliki blog agar dijadikan media komunikasi yang baik. Misal, berbagi tulisan, informasi, sharing pelajaran kuliah, tugas makalah, bahkan berdakwah. Ya, berdakwah. Bagaimana tidak, karena berdakwah akan menjadi lebih fleksibel dalam menjangkau sasarannya. Dan semoga tingkat keefektifannya tidak kalah tinggi dengan media yang lain. Wallahu a’lam.
Terkait masalah yang tengah dialaminya, saya menanggapi bahwa saya sendiri tidak tahu mengapa hal itu bisa terjadi. Bahkan saya baru tahu kalau blog itu terbatas postingannya, hanya dalam jumlah tertentu saja. Jadi, oleh karena itu saya berharap pada kawan-kawan ada yang mau membagi ilmunya terkait masalah tersebut.
Jauh sebelum anjuran dosen UNITOMO Surabaya di atas datang pada kami untuk memiliki blog, dosen saya dulu yang sekarang sudah dipindahtugaskan ke Batu, Malang memberikan anjuran yang sama pada mahasiswanya. Hendaknya kami memiliki blog sebagai sarana berbagi materi kuliah yang diajarkan dan selebihnya karya-karya positif yang lainnya. Waktu itu anjuran beliau mendapat apresiasi yang cukup lumayan, sebagian mahasiswanya langsung berminat untuk membuat blognya masing-masing. Tapi, setelah berjalan beberapa minggu kebanyakan dari mereka meninggalkan blognya yang sudah pernah dibuat itu. Tinggal hanya beberapa orang saja yang masih berminat untuk mengurus blognya, itupun jarang aktif. Sayang sekali.
Terkait dengan anjuran-anjuran di atas, blogging tidaklah salah sama sekali. Meskipun di sisi lain dapat ditemui berbagai hal-hal yang negatif. Sebut saja, jikalau kita nge-blog dan menjadikannya sebagai hobi yang digemari, bisa saja hal tersebut dapat merampas waktu aktifitas kita yang lainnya yang mesti dilakukan. Dengan kata lain, kita tidak akan bisa mengatur waktu dengan baik.
Saya ataupun kawan-kawan sendiri, mungkin pernah merasakan bagaimana kalau sesuatu itu sudah menjadi hobi dan sangat digemari. Jangankan hal-hal yang negatif, hal yang positif saja bisa berbuah hal yang negatif.
Lebih jauh lagi sebelum saya menerima anjuran nge-blog dari kedua dosen saya di atas, pertama kali mengenal blog dari teman SMA saya meresponnya dengan penuh rasa penasaran yang tinggi. Sendiri, saya menyelami blog sebagai blogger amatir. Kesan yang banyak menumpuk di kepala saya tentang blogging adalah ketidaktahuan untuk berbuat apa dengan blog tersebut. Bingung sekali. Tapi, tetap saja saya masih memendam rasa penasaran padanya. Sampai berlanjut di bangku kuliah, saya menyimpulkan bahwa nge-blog ini nggak akan kondusif kalau nggak punya kompi sendiri. Bagus-bagus lepi. Tapi, kenyataannya sampai sekarang juga tetap saja gak punya kompi.
Singkatnya, saya hobi banget nge-blog. Akibatnya saya juga sempat nggak bisa mengatur waktu, kapan harus ngerjain tugas dan kapan nge-blog. Ada waktu kosong habis kuliah bukannya keluyuran ke warnet ngerjain tugas, malah buka blog.

Seyogianya, blogging bukanlah prioritas utama. Hanyalah sebuah sarana yang layak dimanfaatkan oleh mahasiswa dan kaum terpelajar lainnya. Jadi, jika kawan-kawan dianjurkan membuat blog oleh dosennya atau oleh siapapun yang dianggap guru bagi Anda, buatlah, tunjukkan blog Anda adalah blognya mahasiswa, blognya pelajar, dan blognya kaum terpelajar, serta blog yang diangkat dari sebuah anjuran seorang guru yang baik.


Gambar: andriervanda.blogspot.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul : Anjuran Nge-blog
Ditulis Oleh : ridwan yahya
Rating Blog : 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://suratanmakna.blogspot.com/2011/11/anjuran-nge-blog.html. Sekali lagi terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. ^_^

19 Comment/s:

Miss 'U said...

wah... dosennya nganjurin nge blog.. kereenn..
dulu dosen saya cuma nganjurin punya email, buat ngirim tugas ahahaha... *beda angkatan nya jauh* :))

Yan Muhtadi Arba said...

dosenku juga pernah nyuruh buat blog sih mas, katanya buat nampung tugas2, jadi pas mau dinilai itu dosennya gampang, tinggal buka blog kita.

tapi kayaknya satu kelas ngak ada yang ngrespon, termasuk saya. :D saya buat blog hanya sebagai media curcol :)

arr rian said...

ya..ngeblog bisa bikin kita rajin mengolah pikirn dan hati

yAhyA said...

@miss 'U: iya pernah juga dosen thu nganjurin kita punya email, katanya buat kirim2 tugas dalam bntuk soft filenya.
@Yan: haa,, :D kasian y dosennya dcuekin..
gak ad blognya, g ada nilai donk..
@arr rian: ya, setuju banget thu..

al kahfi said...

saya angkatan lebih lama lagi,, masa2 internet masih mahal,, konon mo punya blog

socafahreza's blog said...

wah bener2 menarik..
ngeblog itu bisa jadi hobi positif :D

yAhyA said...

@al-Kahfi: haa,, iya mas.. repot emank klo dah kyak gthu...
@soCa: iya, stuju juga thu mas..

Andy said...

kalau dosen melek TI pasti nganjurin ngeblog tapi kalau dosen kolot yah pasti diomelin deh :)
soalnya mayoritas guru kita masih awan dengan dunia maya apa lagi dunia malam,ups salah

Muhammad Luqmanul Hakim said...

mantap.....saya juga termotivasi oleh beliau untuk ngeblog....semoga dari ngeblog inilah kan menjadi perantara untuk menjadi "Real Wtiter" :-)

yAhyA said...

@Lukman: *real writer.. :)

Farixsan Quilicuor (Faris Hardiyanto 177) said...

wahhh ngeblog merupakan hobi terpendam :) hehehe

ningsyafitri said...

Iya. Benar skali. Kdg kt tdk bs mengatur waktu. Dan saya adalah org2 yg tergolong dlm kalangan itu. -___-"
Hmmm... Msh perlu byk intropeksi diri...

Rama88 said...

dgn ngeblog kita jadi banyak pengetahuan dan teman,, asik juga tuh dosennya,, xiixixixi

yAhyA said...

@farixsan: Iya,,, ;)
@niNg: sama2 kita introspeksi diri.. :)
@Rama: Dosennya mank sering ngLucu jg bang. asikk emank lah.

tista said...

bener.bener,,
blog emang byk manfaatnyaa..
bisa share macem.macem..
kalo ak sih kebanyakan curcol di blog,,
ahaha..
sekalian nyalurin hobi nulis juga,,
feelnya tuh dapet banget kalo udah ke.upload d blog..
beda sama nulis trs disimpen sendiri..
ehehehehe

yAhyA said...

heueuh, beda emank klo dsimpen gthu aja dlm buku. nilai bbaginya kurang. klo dPosting kn bsa aja ada orang yg perlu ma tulisan kita.

Ririe Khayan said...

Jaman kuliah saya belum booming BLog...internet saja masih exclusive...hiks:(

Ladida C said...

blog bisa buat media uk membagikan ilmu yg bermanfaat, dokumen pribadi, atau sekedar uk meluangkan waktu luang, ehehee...

Andri Carly said...

Saya aja baru tahu ngeblog setelah punya anak 3 hehehehe