Awal Ramadlan Ditentukan Kemenag melalui Sidang Isbat | Suratan Makna

Awal Ramadlan Ditentukan Kemenag melalui Sidang Isbat

Posted by ridwan yahya Monday, July 2, 2012 11 Comment/s
Awal Ramadlan Ditentukan Kemenag melalui Sidang Isbat
Keputusan Menteri Agama dalam menentukan awal bulan Ramadlan akan ditempuh melalui sidang Isbat yang akan digelar di Kementerian Agama. Sidang tersebut akan digelar pada 19 atau 20 Juli 2012. Penetapan tersebut sebagaimana dikatakan Menteri Agama, Suryadharma Ali saat ditemui di Bengkulu usai membuka acara Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) ke-3 PPP Provinsi Bengkulu, Ahad (1/7).

"Dalam penetapan awal bulan suci Ramadhan ini, melihat seperti tahun sebelumnya. Pemerintah akan melalui proses sidang Isbat," jelas beliau dikutip Antara.

Dalam sidang tersebut akan dipresentasikan berbagai laporan dari semua tim yang terlibat dalam penugasan rukyat di berbagai tempat di Indonesia. Rukyat dilakukan oleh tim ahli dengan cara melihat bulan secara langsung atau melalui penggunaan teropong bintang. Jelasnya, rukyat merupakan aktivitas mengamati visibilitas hilal, atau penampakan bulan sabit yang nampak pertama kali setelah terjadinya itjimak. Apabila sudah nampak, maka pada saat Maghrib waktu setempat telah memasuki bulan puasa.

"Kalau memang bulan terlihat, maka kita tetapkan pada saat itu sebagai dimulainya bulan puasa. Itu berdasarkan rukyat. Saya belum tahu kapan apakah tanggal 19 atau 20 Juli masih menunggu laporan tim dulu," lanjut Menteri yang juga menjabat Ketua DPP PPP tersebut.

Namun, diperkirakan puasa akan dimulai pada 21 berdasarkan itjimak (konjungsi) yang terjadi pada 19 Juli pada pukul 11.25 WIB, dengan posisi hilal sekitar 1,31 derajat. Karena hilal di bawah dua derajat, maka sulit dilakukan melalui rukyat. Sehingga, lanjut Menag, akan menggunakan standar istikmal atau menggunakan umur bulan syakban selama 30 hari.

Terlepas dari ketetapan Menteri Agama, adanya perbedaan penentuan awal ramadlan pun tidak bisa dipungkiri. Pasalnya, Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah telah memutuskan awal Ramadlan sejak jauh hari yang jatuh pada 20 Juli 2012.

Menurut Suryadharma Ali, keputusan Muhammadiyah tersebut merupakan hak warga Muhammadiyah, "Kalau mereka lebih dulu menetapkan awal Ramadhan itu tidak apa-apa," tambah Menag menegaskan. []

Gambar: rukyatulhilal.org
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul : Awal Ramadlan Ditentukan Kemenag melalui Sidang Isbat
Ditulis Oleh : ridwan yahya
Rating Blog : 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://suratanmakna.blogspot.com/2012/07/awal-ramadlan-ditentukan-kemenag.html. Sekali lagi terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. ^_^

11 Comment/s:

zachflazz said...

saya mendambakan, jadwal ini sama antargolongan apapun, sehingga saat menunaikannya menjadi tambah syahdu dan indah.

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ said...

. . kira^ bakala beda ato gak ya?!? cz tiap kali bulan Ramadhan datank. selalu aja berbeda, bail dalam hal awal puasa maupun menentukan idul fitri nya . .

yAhyA riDwAn said...

@zachflazz: ya, namun faktor landasan yang membuat perbedaan itu tetap tidak bisa dipungkiri

yAhyA riDwAn said...

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥: benar, terkadang cara dan kapabilitas berijtihadnya yang berbeda menjadi sumber perbedaan pendapat tersebut.

cik awi said...

Ternya hanya mengitung hari kita akan memasuki bulan ramadhan lagi ya..

Rohis Facebook said...

sy dr dlu ngikut pemerintah... *smile

wongcrewchild said...

yang penting mau puasa dan beribadah, mengambil berkah di bulan Ramadhan

Best Business Brands said...

regiT logo. Festival of Malaysia. Malaysia. AWAL RAMADAN Celebrated by the Muslims, an occassion regarded as a holy month which the Holy Koran was sent ...

Ms.LoVee said...

nice post :)

outbound malang outbounddimalang.com said...

nice post :)

Nurmayanti Zain said...

semangat! :)