Muslim dan Kristen Giliran Gunakan Gereja | Suratan Makna

Muslim dan Kristen Giliran Gunakan Gereja

Posted by ridwan yahya Monday, June 25, 2012 17 Comment/s
Muslim dan Kristen Giliran Gunakan Gereja
Sejumlah tanah dan bangunan Gereja yang terletak di North Dakota, Amerika Serikat kini  telah berpindah tangan kepada komunitas Muslim setelah tanah tersebut dijual umat Kristiani setempat. Bagi komunitas Muslim, tanah dan bangunan tersebut akan dijadikan sebagai Islamic Centre guna melancarkan aktifitas ibadah yang rutin dilakukan.

Namun, dengan berpindahnya kepemilikan tempat ibadah bukan berarti umat Kristiani tidak bisa menjalankan lagi aktifitas keagamaan di bekas bangunan milik mereka tersebut. Karena, demi melestarikan tradisi umat beragama di North Dakota  yang saling membantu dan bekerja sama, dan terlepas dari maraknya kasus diskriminasi terhadap komunitas Muslim yang terjadi di sebagian wilayah Amerika Serikat, maka komunitas Muslim mempersilahkan umat Kristiani untuk menggunakannya pada hari Ahad dan hari besar Kristen. 

Diberitakan bahwa  setahun yang lalu, komunitas Muslim menyewa Gereja untuk melaksanakan shalat Jumat. Opsi penyewaan ini dianggap paling realistis mengingat proyek pembangunan 18 Masjid yang tak kunjung terealisasi. Kondisi itu dikarenakan adanya penolakan dari warga lokal.

Penjualan tanah berikut dengan bangunannya tersebut dilatarbelakangi oleh sulitnya keuangan yang dialami pihak Gereja. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Persatuan Gereja Kristus , Grand Forks Don Medal yang menambahkan bahwa pendapatan dari pembayaran sewa gedung kepada komunitas Muslim tidak bisa lagi mencukupi kebutuhan gereja secara jangka panjang.

 “Kami tidak lagi mampu untuk merawat bangunan itu. Jadi, kami yang dulu menyewakan menjadi penyewa,” candanya, seperti dikutip Republika.co.id melalui onislam.net, Ahad (24/6).

Medal menambahkan, dengan menjual tanah dan bangunan kepada komunitas Muslim merupakan sebuah pilihan yang terbaik ketimbang harus merobohkan atau mengubahnya menjadi perumahan, bahkan lebih buruk lagi disulap menjadi restoran. Hal tersebut mengingat banyaknya kasus yang menimpa nasib gereja di barat berubah fungsi bangunannya menjadi restoran-restoran.

Dari kalangan Muslim sendiri mereka berjanji tidak akan merubah secara utuh bangunan Gereja. Hanya ruangan utamanya saja yang diubah menjadi tempat shalat. Oleh karena itu, komunitas Muslim meminta umat Kristiani untuk melepaskan sepatu dan sandal mereka saat melangsungkan ibadah. []

Gambar: Republika.co.id
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul : Muslim dan Kristen Giliran Gunakan Gereja
Ditulis Oleh : ridwan yahya
Rating Blog : 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://suratanmakna.blogspot.com/2012/06/muslim-dan-kristen-giliran-gunakan.html. Sekali lagi terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. ^_^

17 Comment/s:

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ said...

. . wachhhhhhhhhhh,, salink membantu lagi nich. mudah^an disini juga rukun kayak disana. amieeeennn . .

Muro'i El-Barezy said...

wah toleransinya lebih2 daripada Indonesia ya sob...

tapi semoga tetap menjaga Firman Allah : Lakum dinukum waliyadin:}

yAhyA riDwAn said...

@all: iya, tapi yang masih saya pertanyakan, apakah pembolehan pemakaian tempat ibadah bagi umat agama lain itu dibolehkan oleh Islam sendiri. menyoal hal tersebut bukannya telah mendukung keyakinan agama Kristen..?

anisayu said...

wah sangat mulia kalau dijadikan tempat ibadah umat muslim...

Rohis Facebook said...

kasihan muslim disana.., smg aja mereka bs mempunyai masjid sendiri..., Aamiin..., thx infox ya sob *smile

El3kTr0 said...

Hello freind!!! its nice to be here ;) have a a great week :)

BlogS of Hariyanto said...

sebagai bukti bahwa kaum muslim tidak memusuhi kaum nasrani :)

Aldio Blog said...

salut ini harus dicontoh, walau beda agama tapi tetap rukun

Drieant said...

seneng kalau liat orang damai dan akur gini. ehm, pengen rasanya menjadi mulim di negri orang, seperti apa ya? menjadi minoritas dengan keyakinan yang lebih mantap. semoga aja dapet kesempatan

cik awi said...

Toleransi yang sangat baik sekali ini sobat..

deadyrizky said...

emang boleh tuh?
kan pas dipake sholat, masih ada kemungkinan ada tanda salibnya tuh

mastokkenari said...

aahh, ... betapa nyaman dan khusuknya ibadah yg disertai rasa damai dengan siapapun, .. Solusi Problem Komputer

BEM STAIL said...

mantabs blognya akhii,,
kembangkan terus ya,,
oh ya jalan2 ke blog BEM ingsyaAllah ada info yg bermanfaat,,,
wassalam,,

affanibnu said...

ini baru namanya toleransi

Harun Ar said...

contoh toleransi yang baik......

arie5758 said...

Di negeri yg muslimnya minoritas ternyata masih ada toleransi yg tinggi. Meski masih cukup susah menjumpai masjid di amerika, tapi kaum muslim tidak surut utk terus melakukan ibadah.

Cartenz Pyramid said...

betapa indahnya kerukunan antar umat beragama, sayang kadang masih saja ada beberapa orang yang memprovokasi terjadinya diskrimanasi.. semoga kedepan, toleransi antar umat beragama bisa di praktekkan secara ikhlas, dan menyeluruh. nice post :D