Efektifitas Internet sebagai Media Komunikasi Alternatif | Suratan Makna

Efektifitas Internet sebagai Media Komunikasi Alternatif

Posted by ridwan yahya Wednesday, June 6, 2012 3 Comment/s
Efektifitas Internet sebagai Media Komunikasi Alternatif
Di tengah keadaan yang semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, turut serta menyeret situasi yang mengharuskan akses komunikasi menjadi serba cepat, mudah, dan efisien. Keadaan semacam itu tidaklah dapat dipungkiri lagi, mengingat masyarakat dunia yang semakin konsumtif terhadap produk-produk yang diasumsikan dapat memudahkan urusan mereka. Termasuk akses komunikasi yang berjalan dalam berbagai bidang yang menuntut tingkat efisiensi dan efektifitas pencapaiannya.
Dalam rangka memenuhi tuntutan komunikasi yang efektif, maka keefektifan penggunaan internetlah yang digadang-gadang mampu sebagai alternatif baru dalam hal ragamnya media komunikasi yang ada pada perkembangan zaman ini. Karena, Internet berawal sebagai media komunikasi. Komunikasi ibarat jantung. Entah itu komunikasi oral, visual, maupun tekstual. Tanpa jantung, seseorang tidak mungkin hidup. Beberapa dari jenis komunikasi yang ada, kini telah diotomatisasi lewat komputer, atau kita mengakrabinya dengan internet. Pada dasarnya internet tidak memberikan solusi baru yang radikal dalam cara kita berkomunikasi, justru mengintegrasikan teknologi yang ada untuk meningkatkan keefektifan berkomunikasi.
Adapun keunggulan internet dibandingkan dengan media lain adalah; Pertama, tarif komunikasi yang terbilang murah terkait dengan semakin berkembangnya usaha warung internet yang semakin banyak, sehingga dalam keadaan persaingan pasar maka kocek yang dirogoh pun cukup terjangkau. Kedua, sumber informasi yang besar. Karena dalam internet memuat banyak sekali informasi yang dimuat oleh banyak sumber dan dibutuhkan sebagai rujukan atau referensi pembelajaran dan penambahan wawasan. Dan ketiga, jangkauan yang tidak terbatas mengingat sistem jaringan pada komputer yang mencakup seluruh dunia. Sehingga, informasi yang berasal dari manapun dapat diakses di satu tempat yang jauh dari sumber informasi tersebut.
Penggunaan internet di masa yang akan datang sangatlah diprioritaskan oleh setiap individu. Dalam dunia bisnis, jika saja tidak mau mengenali apa itu internet dan efektivitas komunikasi yang diciptakannya, maka langkah kita akan tertinggal jauh di belakang. Tak mampu mengejar laju kecepatan bisnis yang kian berkembang. Begitupun seandainya sarana yang terbatas.
Namun, jika sudah kenal cara menggunakannya, jangan terpaku pada keterbatasan fasilitas perusahaan. Justru, harus terus mencari cara lain agar informasi dan perkembangan tetap bisa kita ikuti. Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa dinamika perkembangan bisnis saat ini hanya mampu diimbangi oleh seberapa cepat kemampuan kita beradaptasi dengan teknologi. Khususnya teknologi komunikasi via internet.
Dan dalam kepentingan bisnis, internet digunakan sebagai sarana pendukung akan transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), namun kini keadaan tersebut berubah menjadi sangat mudah karena sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
Pengertian e-commerce dalam hal ini merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce merupakan transaksi dagang secara elektronik antara beberapa pihak, biasanya dilakukan melalui antar komputer yang merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan).
Lebih tepatnya electronic commerce atau e-commerce adalah perdagangan elektronik, penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang atau e-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-dagang merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi database, e-mail, dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Adapun proses yang ada dalam e-commerce adalah sebagai berikut :
·     Presentasi electronic (pembuatan website) untuk produk dan layanan.
·     Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
·     Otomasi account Pelanggan secara aman (baik nomor rekening maupun nomor kartu kredit).
·     Pembayaran yang dilakukan secara langsung (online) dan penanganan transaksi.
Pemanfaatan internet sebagai media komunikasi zaman sekarang memang sarat dengan prioritas. Pentingnya penggunaan internet tidak hanya berlaku dalam dunia bisnis saja. Internet sebagai media komunikasi, berperan juga atas lancarnya kinerja seorang karyawan di suatu perusahaan, bahkan pengusahanya sekaligus.
Namun, di sisi lain internet mampu bertindak sebagai media salah guna. Hal tersebut tidaklah bisa dipungkiri mengingat banyak sekali kasus hacking yang membobol sistem keamanan suatu institusi yang besar. Dengan pemanfaatan sistem jaringan komputer yang berjalan secara bebas, siapa saja bisa diduga menjadi pelaku cyber yang kriminal. Dengan keahlian yang lebih dari sekadar pengguna internet biasa, hacker bekerja dengan sangat cerdik, yang bisa berujung pada kerusakan sistem operasi komputer.
Selain itu penggunaan internet sebagai media komunikasi banyak disalahgunakan ketika penggunaan tersebut dilakukan secara berlebihan. Misalkan hanya untuk komunikasi yang kurang bermanfaat atau lebih buruk lagi.
Intinya, Internet cukup direkomendasikan sebagai media komunikasi yang optimal. Berdasarkan efektifitas yang disajikan cukup memberi kepuasan bagi siapa saja yang menggunakannya. []

Gambar: Daenggassing.com

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul : Efektifitas Internet sebagai Media Komunikasi Alternatif
Ditulis Oleh : ridwan yahya
Rating Blog : 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://suratanmakna.blogspot.com/2012/06/efektifitas-internet-sebagai-media.html. Sekali lagi terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. ^_^

3 Comment/s:

Dieddy Polo Duro said...

sep...makasih atas penjelasn n infonya....
salam kenal ya...
bloger baru ni,,jadi minta bimbingannya ya....

yAhyA said...

ya, sama2.
salam kenal juga, masbRoo
ou,, ya, sebisany aj y.. :)

nurulapriyanii said...

Kami juga mempunyai artikel yang terkait dengan

media komunikasi, bisa di download disini:
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/1234

56789/3359/1/Perancangan%20Media%20Komunikasi.pd

f
semoga bermanfaat :D