Cantona Gerah dengan Israel | Suratan Makna

Cantona Gerah dengan Israel

Posted by ridwan yahya Tuesday, June 19, 2012 10 Comment/s
Cantona Gerah dengan Israel
Legenda sepakbola Perancis dan Manchester United, Eric Cantona ternyata gerah melihat tindakan Israel yang semena-mena terhadap warga Palestina. Terlebih lagi baru-baru ini Israel tengah memenjarakan seorang pesepakbola Palestina dengan tanpa tuduhan yang jelas. Mahmud Sarsak seorang pesepakbolaPalestina tersebut telah mendekam di penjara Israel sejak tahun 2009 saat keberangkatannya dari Jalur Gaza menuju Tepi Barat untuk bergabung bersama rekan timnas Palestina. Sarsak merupakan salah satu dari 300 warga Palestina lainnya yang ditahan Israel tanpa melalui pengadilan dan tuduhan yang jelas.

Dalam penahanannya, Sarsak sempat melakukan aksi mogok makan selama 80 hari sebagai bentuk protes atas penahanan tanpa tuduhan tersebut. Mengetahui itu, Cantona pun melayangkan surat kepada Presiden UEFA, Michel Platini agar segera mengakhiri kearogansian Israel yang disebut sebagai pelanggaran HakAsasi Manusia (HAM).

"Mereka masukan pemain sepakbola Palestina ke penjara-penjara. Sudah saatnya untuk mengakhiri impunitas Israel dan memberlakukan kesetaraan terhadap keadilan," ungkap Cantona yang bergabung dengan organisasi internasional saat mengirimkan surat kepada Presiden UEFA, Michel Platini, seperti dikutip AFP dalam Republika.co.id, Senin (18/6).

Pemain yang gantung sepatu pada akhir musim kompetisi 1996-1997 itupun juga heran dengan terpilihnya Israel sebagai tuan rumah Piala Eropa U-21 2013 mengingat kompetisi besar tersebut tidaklah pantas dibawakan oleh semacam tuan rumah yang tidak menghargai sepakbola dengan arogansi yang melekat di tubuh mereka. hal itu secara tidak langsung telah melecehkan sepakbola. 

Presiden Asosiasi Sepakbola Palestina, Jibril al-Rajoub mengungkapkan keprihatinannya. "Kami meminta UEFA untuk tidak memberikan kehormatan kepada Israel menjadi tuan rumah Piala Eropa U-21," jelasnya sebagaimana dikutip Republika.co.id.

"Saya terkejut dengan tindak rasisme yang marak di Piala Eropa 2012 Polandia-Ukraina. Para petinggi UEFA dan politisi Eropa begitu lantang mengeluarkan kecaman atas tindak rasisme. Tapi mereka lantas diam ketika Israel terpilih menjadi tuan rumah," ujarnya.

Terkait dengan permasalahan ini, sebelumnya FIFA juga telah menyerukan pembebasan terhadap pesepakbola Palestina yang ditahan Israel tersebut melalui sebuah surat yang ditujukan kepada Asosiasi Sepakbola Israel.

Setelah banyaknya serangkaian aksi penahanan yang dilakukan, Israel pun enggan memberitahukan bagaimana keadaan para tahanan yang tengah disekap. Ditambah lagi karena kebebalan dan keras kepalanya itu, Israel menolak untuk membebaskan tahanan meski mendapat desakankeras dari dunia. []

gambar: Soccerroomtoday.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul : Cantona Gerah dengan Israel
Ditulis Oleh : ridwan yahya
Rating Blog : 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://suratanmakna.blogspot.com/2012/06/cantona-gerah-dengan-israel.html. Sekali lagi terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. ^_^

10 Comment/s:

zachflazz said...

ya, saya prihatin dengan keadaan dunia yang seperti ini.
melihat fotonya, eric cantona udah tampak tua juga ya sekarang..

yAhyA said...

@zachflazz iya, bener mas,,

Sadeva Aldy Pratama said...

bener" prihatin keadaan dunia...

yAhyA said...

@Sadeva Aldy Pratama bener sob,,

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ said...

. . kok makin kayak gitu ya?!? emmmmmmmmmmm,, . .

yAhyA said...

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ apanya,,?

Rudy Hartono said...

template blognya keren, kunjungan balik mas

yAhyA said...

@Rudy Hartono biasa aja,,
oke..

Didin Supriatna said...

salam kenal sob.. blognya q follow#296 follbek ya..

yAhyA riDwAn said...

@Didin Supriatna ok,, thanks ya,,, :)