Hari Ke 1: Sambutan Tuan Rumah | Suratan Makna

Hari Ke 1: Sambutan Tuan Rumah

Posted by ridwan yahya Friday, January 4, 2013 2 Comment/s
Hari Pertama KKN di Malang Selatan (Selasa, 3 Juli 12)

Jarak 194 km antara Surabaya – Malang Selatan ditempuh peserta KKN STAIL dengan penuh semangat berapi-api. KKN ini berkonsentrasi pada bina aqidah dan akhlaq masyarakat daerah yang kondisi keIslamannya tengah labil. Namun, di samping itu secara sosial anggota KKN juga bertugas untuk melayani dan membantu masyarakat daerah sekitar .
 
Situasi perjalanan yang dirasa kurang nyaman–Karena kapasitas bis yang ditumpangi ternyata membuat penumpangnya berdesakan dengan barang bawaan yang banyak, tapi berbagai macam medan perjalanan pun tetap dilalui dengan suka cita.
Setibanya kami di tempat tujuan, tepatnya di Desa Purwodadi, Kec. Donomulyo, Kab. Malang sejumlah aparat desa menyambut kami dengan senang hati di Balai Desa.  Selang beberapa menit, Staff kampus pun menyusul kami. Setting acara pembukaan disajikan sederhana, deretan kursi plastik yang cukup rapi dan meja podium besar di depannya mengisi ruangan terbuka tersebut seadanya.

Usai pembukaan, kami bersiap-siap menyebar ke pos masing-masing yang terdiri dari 3 pos dengan jarak yang saling berjauhan antara satu pos dengan yang lainnya. 37 mahasiswa dipecah menjadi 3 kelompok yang ditempatkan di 3 pos yang berbeda. Pos I bertempatkan di lokasi yang cukup jauh di Dusun Sumber Belimbing, Pos II ditempatkan di Purworejo Wetan, dan Pos III di Dusun Tambakrejo. Adapun sisa dari ke-37 tersebut berada di kesekretariatan.

Masing-masing pos mempunyai tantangannya yang khas sendiri-sendiri. Pos yang saya tempati adalah Pos I yang lokasinya berada di lereng perbukitan dan paling dekat ke Pantai Selatan, sekitar 3 km, serta fasilitas yang disuguhkan tuan rumah sangat mencukupi kami. Namun, sayangnya Pos I ini hampir tidak dapat sinyal HP sama sekali termasuk modem Tri yang saya pakai lebih parah lagi, tidak ada jaringan. Sudah, terpaksa nggak bisa internetan sama sekali selama sebulan. 

Pos II berada di lokasi yang cukup menguntungkan untuk mendapatkan sinyal HP, layanan tuan rumah dan fasilitas posnya pun lumayan kondusif. Begitupun halnya dengan Pos III yang lebih terjangkau jaraknya untuk ke Balai Desa. Namun, di antara pos II dan III ada PR besar yang mesti diatasi terkait fenomena kristenisasi yang sering muncul di daerah tersebut. Melalui akses jalan yang dilewati, kami menemukan sebuah Kapel dan Gereja yang berdiri di antara rumah-rumah penduduk. Menyaksikan keberadaan dua bangunan tersebut kami pun mengakui besarnya tantangan yang akan kami hadapi di sini.

Pada sore hari, kami pun tiba di rumah Kepala Dusun. Beliau mempunyai beberapa rumah yang jaraknya berdekatan dengan sebuah musholla yang ada di sekitarnya. Satu rumah beliau sediakan untuk kami dan disulap menjadi Pos I Sumber Belimbing.

Adapun kegiatan pada hari kedatangan kami tersebut baru sekadar rapat-rapat dan diskusi kecil-kecilan bersama tuan rumah saja. Pak Tarmin seorang tuan rumah sekaligus kepala dusun tersebut merupakan orang asli kelahiran Malang Selatan, riwayatnya tidak hanya menetap di kampungnya saja. Beliau pernah merantau ke pelosok Kalimantan yang terkenal perkebunan sawitnya, di sana beliau berkebun yang kemudian keahlian berkebun sawit tersebut diterapkannya di kampung halamannya. 

Seusai berbincang-bincang dengan keluarga Pak Tarmin, kami pun santap makan malam yang disediakan oleh keluarga beliau. Rencananya kami tidak mau dimasakkan, berhubung keluarga Pak Tarmin sendiri yang kurang bersedia memasakkan makanan untuk kami. Bukan kenapa-kenapa, hanya karena takutnya selera menu yang disediakan tuan rumah kurang pas di lidah anggota pos yang beragam etnis dan latar belakangnya tersebut. Sehingga keputusannya seperti itu. 

Tibanya waktu shalat Isya, kami berjamaah di Mushalla. Sehabis itu kami rapat kelompok membahas program kegiatan yang akan dilaksanakan esok kedepannya, selain itu kami menetapkan staff kelompok  yang di antaranya memutuskan saya sebagai sekretarisnya. Dalam rapat tersebut ditetapkan pula petugas-petugas muadzin, imam, imam shalat lail, pemimpin wirid, kultum, dan lain-lain. Demikianlah Hari Kesatu, 3 Juli 12: Sambutan Tuan RumahUsai rapat, kami pun istirahat. []
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul : Hari Ke 1: Sambutan Tuan Rumah
Ditulis Oleh : ridwan yahya
Rating Blog : 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://suratanmakna.blogspot.com/2013/01/hari-pertama-selasa-3-juli-12.html. Sekali lagi terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. ^_^

2 Comment/s:

tosu777™ said...

menyimak sob, kunjungan perdana

yAhyA riDwAn said...

@tosu777™: Ok, thanks kawan. :)