Hari Ke 3: Jalankan Program | Suratan Makna

Hari Ke 3: Jalankan Program

Posted by ridwan yahya Sunday, January 6, 2013 2 Comment/s
Hari Ketiga, 5 Juli 12: Jalankan Program

Jam tiga dini hari, berbeda dengan hari sebelumnya wakil ketua kami gigih membangunkan temannya yang masih terlelap. Atas motivasi yang kuat, dia terus saja membangunkan yang lainnya yang memang susah untuk dibangunkan. Setengah jam berlalu, barulah semuanya beranjak dari tempat pembaringannya lalu mengambil air wudlu. Belum sampai di kamar mandi yang letaknya berada di luar rumah, hawa dingin langsung menyerbu sekujur tubuh yang baru keluar dari balik daun pintu. Namun, hal itu bukan jadi alasan untuk tidak mendirikan shalat lail berjamaah di mushalla samping rumah.


Balik dari kamar mandi, saya pun langsung meraih jaket tebal yang sebelumnya memang sudah saya siapkan di sandaran kursi. Dalam balutan jaket saya berharap bisa mengurangi dinginnya hembusan angin kencang yang menyelimuti tubuh saya, namun meskipun jaket sudah saya kenakan tetap saja hawa dingin itu masih terasa.  Angin dingin terus saja berhembus saat mentari menunjukan cahayanya. Tapi, karena sinarnya yang hangat, maka dingin kali ini masih bisa ditahan dengan selembar kain baju saja.
Kali ini, dapur dadakan telah siap digunakan. Di atas meja ada kompor terpasang menyambung ke tabung gas lewat selang. Di sudut lain ada sebuah meja lagi yang disetting untuk menyimpan peralatan masak lainnya. Dan orang-orang yang berhak menjadi koki pertama adalah Husairi dan Rauf, selain memasak mereka juga berkewajiban untuk piket dalam rumah. Sedangkan yang lainnya, sibuk di luar rumah. Mereka yang di luar rumah terpecah dalam dua proyek sibuk, empat orang mesti pergi ke atas bukit untuk menyelesaikan proyek tandon, dan sisanya yang lain membantu Pak Tarmin untuk mengecor kamar mandi rumahnya. 


Kegiatan kami pagi itu berlangsung sampai tibanya waktu shalat dzuhur, menjelang adzan berkumandang kebanyakan di antara kami pergi membersihkan diri ke kamar mandi yang terletak di belakang rumah. Kamar mandi berjumlah dua buah, namun yang satu masih dalam tahap pengerjaan. Satu per satu, kami bergantian keluar masuk kamar mandi. Di tempat lain, Rauf dan Husairi sibuk mempersiapkan makan siang yang menunya sayur sup asli paduan cita rasa antara daerah Balikpapan dan Palembang. 


Usai shalat dzuhur, makan siang pun sudah siap untuk disantap. Rasa lapar setelah berjam-jam bekerja terobati dengan hidangan siang waktu itu, meskipun sebenarnya rasa yang diciptakan dalam hidangan itu kurang mantap, ^_^ peace. Siang berjalan seperti yang diintruksikan Ketua, terserah kegiatan apa yang hendak dikerjakan. Mengingat waktu siang, memang pas untuk istirahat. Tapi, meskipun kegiatan siang hari bisa dibilang fleksibel, tidak seluruhnya mahasiswa KKN memilih untuk tidur siang.


Sore hari setelah Ashar, pemandangan tampak berbeda sekali dengan sore sebelumnya. Mushalla yang beberapa hari selalu kosong pada waktu sore harinya, kini diramaikan oleh beberapa anak yang datang untuk mengaji. Memang tidak terlalu banyak, jumlahnya berbeda dengan kegiatan ngaji yang biasa berlangsung sebelum kedatangan kami KKN di sini. 


Ditafsir ada 70 anak yang sebelumnya biasa mengaji di Mushalla, sedangkan sore tadi hanya ada 5 anak yang hadir. Hal tersebut dikarenakan Pak Tarmin yang biasa mengajar kurang bisa mendapatkan waktu luang pada sore hari, mengingat beliau seorang Kepala Dusun yang juga terlibat di berbagai perkumpulan warga, belum lagi beliau mesti sibuk juga mengurusi kebun yang dimilikinya. Sebenarnya ada saja yang menggantikan beliau untuk mengajar ngaji, Nur Alfiah anak Pak Tarmin yang baru saja lulus Aliyah bisa juga mengajar ngaji anak-anak warga, namun sekarang alasannya beda lagi mengingat waktu-waktu sekarang yang tengah masa liburan sekolah. Tapi, sore tadi memang beda. Mungkin respon masyarakat sekitar yang cepat menanggapi keberadaan kami di kampungnya, maka anak mereka kembali mengaji di Mushalla. Dan sebagian dari kami langsung turun tangan mengajar anak-anak untuk mengaji. 


Di tempat lain, ada tiga orang yang sore tadi pergi bersilaturahmi ke rumah warga. Namun seperti biasa, tidak banyak warga yang kelihatan berada di depan rumahnya. Sehingga, kami pun hanya berani masuk ke beberapa rumah saja. Sore tadi, kami bertemu dengan keluarga Pak Ijmain dan anaknya yang masih kecil bernama Aldo (keren emang, namanya kayak pemain bola), kemudian dilanjutkan ke rumah Bu Titin dan keluarganya yang baru mempunyai anak satu bernama Veni yang lebih besar umurnya dibanding Aldo tadi.


Selesai berkunjung ke rumah warga, waktu menunjukan pukul lima sore yang mengharuskan kami balik ke Pos guna persiapan shalat Maghrib. Menjelang shalat Isya, kami mendapatkan undangan pengajian di rumah warga. Bersama Pak Tarmin, kami bersama-sama pergi ke tempat pengajian melewati jalanan aspal yang minim penerangan. Namun, karena pengalaman beliau jalan kami pun lancar-lancar saja. Dan lampu senter yang dipancarkan dari HP kami seolah tidak berguna bagi beliau.


Sebelum pengajian dimulai, suguhan pertama adalah siaran langsung antara Tim Garuda VS Fabregas and Friends yang cukup diminati banyak warga. Namun, tayangan itu tidak berlangsung lama karena pengajian akan dimulai. Saat TV dimatikan, pengajian pun dimulai.


Pulang pengajian, di Pos menanti orang Kesekretariatan yang ada perlu dengan Ketua kelompok kami. Sepulang dari pengajian juga barulah Rauf dan Husairi menyiapkan makan malam kami. Menu yang sederhana cukuplah untuk menyumpal perut kami yang memang sudah waktunya untuk diisi.


Usai sudah kegiatan pada Hari Ketiga, 5 Juli 12: Jalankan Program Selepas makan malam, rapat evaluasi tidak ada dulu. Kegiatan pun berlanjut pada kesibukan masing-masing, yang akhirnya berujung ke tempat tidur. []
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul : Hari Ke 3: Jalankan Program
Ditulis Oleh : ridwan yahya
Rating Blog : 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://suratanmakna.blogspot.com/2013/01/hari-ketiga-kamis-5-juli-12.html. Sekali lagi terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. ^_^

2 Comment/s:

Muhammed Af said...

Sukses slalu gan.....

Hyeongnim Wan said...

@Muhammed Af Ok, thanks Sob.